Selasa, 31 Juli 2012

Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

Gambar gula aren serta manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh anda
Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Anda :: Gula aren berasal dari nira yang diambil dari tandan bunga jantan pohon enau.Cara pembuatannya yaitu dengan melakukan perebusan nira dalam sebuah wajan besar.Adapun dalam proses pengolahan gula aren ini,kayu bakar yang digunakan adalah kayu aren yang sudah tua.Ini dikarenakan kalori yang terkandung dalam kayu aren lebih tinggi dari kayu bakar biasa,sehingga proses pengolahan akan menjadi lebih cepat.Tapi perlu diperhatikan juga,Api tidak boleh terlalu besar apalagi sampai masuk kedalam wajan dan menjilat serta membakar gula yang sedang dimasak.Hal ini bisa menyebabkan gula menjadi hangus dan menjadikan rasa gula yang dihasilkan menjadi pahit dan warnanya menjadi hitam.

Proses pengolahan gula aren sudah selesai bila warna cairan menjadi pekat,berat ketika diaduk,dan bila diciduk dari wajan dan dituangkan kembali adukan akan terputus-putus.jika dituangkan kedalam air dingin,cairan pekat akan membentuk benang yang tidak putus-putus.Proses selanjutnya yaitu menuangkan cairan gula pekat tersebut kedalam cetakan.

Kandungan Gula Aren
Gula Aren diyakini memiliki kandungan makro dan mikronutrien lebih banyak dibandingkan dengan gula putih.Mikronutrien yang ada dalam gula aren antara lain : Garam mineral,  Thiamine (vitamin B1)Riboflavin (vitamin B2)Nicotinic Acid (vitamin B3)Pyridoksin (vitamin B6)Cyanocobalamin (vitamin B12)Ascorbic Acid (Vitamin C). Sumber S. Natarajan M.Sc.,Palm Sugar, Erode,Tamil Nadu.India. 2006.

Besarnya kandungan dari tiap tiap zat yang ada dalam gula aren belum diketahui secara pasti perbandingannya.beberapa faktor penyebabnya yaitu masih minimnya penelitian yang dilakukan, selain itu juga terdapat perbedaan jenis spesies palm yang diambil niranya.Faktor pengolahan air nira menjadi gula juga bisa membedakan kandungan zat-zat tersebut dari gula aren yang dihasilkan.

Gula aren lebih sehat dibandingkan dengan gula putih ?
Banyak ahli kesehatan menyebutkan,bahwa jumlah kalori yang terkandung dalam gula aren lebih sedikit dibandingkan kalori yang terdapat dalam gula putih (livestrong,selasa.11/01/2011).Berdasarkan Skala Indeks glikemi*,Gula aren memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah sekitar 35 sedangkan gula pasir mencapai 58.

Para ahli kesehatan menyebutkan,nilai indeks glikemik yang dimiliki gula aren,menyebabkan gula aren lebih sehat dikonsumsi dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan.

Selain dari kandungan kalori yang lebih kecil dari gula putih, dalam proses pembuatannya,gula aren umumnya lebih alami sehingga zat-zat tertentu yang terkandung didalamnya tidak mengalami kerusakan dan tetap utuh.Serta dalam proses pembuatannya juga, tidak dilakukan proses penyulingan berkali-kali juga tidak menambahkan bahan lain untuk memurnikannya.

Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan ::
Beberapa manfaat gula aren sebagai tanaman obat yaitu untuk mencegah peningkatan kadar gula darah (disebutkan diatas ).Selain itu$2Cmenurut Jeff Gunnet ,dalam salah satu bukunya yang berjudul " Perma Culture Plants" (2004),Menyebutkan bahwa salah satu unsur yang terkandung dalam gula aren memiliki fungsi untuk mengontrol dan membersihkan saluran pencernaan, mulai dari bagian lambung dan tenggorokan. Riboflavin yang merupakan salah satu unsur yang terdapat dalam gula aren,berfungsi melancarkan metabolisme dan mengoptimalkan fungsi sel,sehingga stamina tubuh tetap terjaga.
baca artikel blog selanjutnya yang mengulas tentang manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh

Sumber artikel tentang manfaat gula aren bagi kesehatan anda:wikipedia, health.detik.com, kirman.wordpress.com

* Indek Glikemi ( GI ) merupakan skala atau angka yang diberikan pada makanan tertentu berdasarkan seberapa besar makanan tersebut meningkatkan kadar gula darahnya, skala yang digunakan adalah 0-100. Indeks glikemik disebut rendah jika berada di skala kurang dari 50, indeks glikemik sedang jika nilainya 50-70 dan indeks glikemik tinggi jika angkanya di atas 70.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...