Jumat, 30 November 2012

Manfaat Buah Manggis Untuk Mengobat Berbagai Penyakit





BANYAK orang merasa aneh jika harus mengkonsumsi kulit buah karena rasanya yang tak enak. Namun bagaimana jika kulitnya juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kita?Seperti Garcinia mangostana L atau yang lebih terkenal dengan MANGGIS. Buah tropis ini memiliki banyak manfaat dari isi, biji bahkan kulit juga.

Pada buah mangis Mengandung senyawa xanthone, Kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yakni xanthone. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Banyak sekali manfaat dan khasiat buah manggis yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah manggis, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Manggis mampu menyembuhkan sekaligus mencegah, Infeksi saluran Kelenjar getah bening. Ekstrak dari buah manggis ini ternyata mampu mencegah akan tumbuhnya beberapa sel kanker yang ada di dalam tubuh kita, seperti kanker paru – paru, kanker hati, kanker usus, dll.
  2. Mencegah tumbuhnya sel – sel pada penyakit leukemia. 
  3. Dapat mencegah beberapa penyakit mematikan seperti diabetes, kanker, arthritis, jantung dan beberapa penyakit mematikan lainnya. 
  4. Mampu mengurangi rasa sakit. 
  5. Mengurang tekanan darah tinggi. 
  6. Melawan radikal bebas. 
  7. Melancarkan pencernaai di dalam tubuh kita karena kaya akan kandungan serat alami. 
  8. Mampu menurunkan kadar kolesterol. 
  9. Mengatasi penyakit batu ginjal. 
  10. Dapat  meningkatkan Stamina
  11. Dan berbagai manfaat lainnya
Caranya menbuat Ramuannya cukup mudah
pertama-tama cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari. Mudah bukan?

Tetapi menurut Liska Yunitasari dalam bukunya Gempur 41 Penyakit dengan Buah Manggis, Anda harus tetap berhati - hati karena kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi.
Beberapa kasus dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti gangguan pada ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya.


Sumber: dikutip dari berbagai sumber


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...